9 Ciri-Ciri Gejala Asam Lambung dan Penyebabnya

Sebagai kondisi yang ditandai atau dengan ciri-ciri gejala asam lambung berupa rasa nyeri di ulu hati. Deritanya berupa sensasi terbakar di sekitar dada sebagai akibat karena naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus juga dikenal dengan kerongkongan adalah organ yang ada di bagian dari saluran pencernaan penghubung mulut dan lambung.

Munculnya asam lambung diakibatkan oleh Lower Eshophageal Sphincter (LES) yang tidak berfungsi secara normal. LES adalah lingkaran otot yang ada di bagian bawah dari kerongkongan atau organ esofagus. Fungsi dari LES ini sebagai katup atau pintu gerbang otomatis yang akan terbuka secara refleks yang akan bekerja pada saat makanan dan minuman masuk ke dalam perut.  Kemudian akan tertutup ketika makanan dan minuman telah masuk. Kerja organ ini bertujuan  mencegah asam dan makanan naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Derita asam Lambung terjadi di mana terjadinya kerusakan mukosa lambung yang di sebabkan oleh tinggi atau naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan. Untuk lebih jelasnya perlu kiranya di sini untuk diutaikan tentang ciri dan gejala asam lambung tersebut.

Ciri-ciri dan Gejala Asam Lambung

  1. Mual-mual dan Muntah

Hal ini terjadi karena naiknya asam lambung ke esofagus. Akibatnya penderita asam lambung akan mengalami mual-mual dan muntah. Bahkan pada kasus yang sudak terlanjur parah maka mual dan muntah akan disertai darah kemerahan atau hitam.

  1. Perut Kembung dan Begah

Perut kembung dan begah adalah sensasi di mana perut serasa penuh, tegang dan bergas seperti kembung. Di mana derita tersebut jelas akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Hal ini terjadi disebabkan adanya gangguan pada  lambung yaitu asam lambung. Selain itu perut kembung dan begah juga diakibatkan larena bakteri di dalam usus yang terkandung dalam makanan.

  1. Bau Mulut

Bau mulut sangat mengganggu sekali, ini terjadi karena isi perut penderita asam lambung  berada dalam lingkungan asam. Kondisi ini menjadikan makanan yang dicerna bisa dipecah atau dilumat  untuk pencernaan. Jika waktu yang cukup telah berlalu sejak konsumsi makanan, isi lambung kembali ke kerongkongan, dengan sendawa asam seperti dalam kasus muntah, merujuk ke hubungan antara refluks asam  dan nafas tak sedap. Bakteri dan enzim lainnya yang datang dari perut bersama dengan asam, dan berkontribusi terhadap munculnya bau busuk.

  1. Sendawa

 

Pengertian sendawa secara sederhana adalah sebagai salah satu cara tubuh mengeluarkan gas secara alami. Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang umum dan biasa  terjadi. Namun jika  tidak dikeluarkan akan berakibat buruk. Maka gas dalam perut dapat menyebabkan perut kembung kadang disertai dengan sakit perut.

Adanya sendawa bukanlah hal yang terlalu berbahaya dan tidak perlup penanganan khusus. Walaupuh sendawa hanya proses alami, tetap harus tetap diwaspadai karena sebagai salah satu ciri dari asam lambung.

  1. Rasa Asam dan Pahit Di Mulut

Gejala yang muncul selanjutnya adalah pada mulut terasa pahit. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh asam lambung yang naik yang terasa seperti akan muntah (refluks). Kondisi ini disebut Gastro esophageal Reflux Disease (GERD). Pemicu utama gejala refluks asam lambung ini antara lain disebabkan oleh makan berlebihan, makanan terlalu asam, pedas, berlemak, makan tidak tepat waktu, serta stress.

  1. Fases Berwarna Hitam

Gejala ini hanya terjadi pada kasus yang sudak parah, ketika tidak semua darah dapat di muntahkan maka keluarnya bisa bersama fases. Terlihat juga dengan warna hitam (melena), akibat darah merah yang telah bercampur dengan asam lambung maka warna yang dihasilkan menjadi warna kehitaman.

  1. Sulit Menelan Makanan

Rasa sulit menelan makanan atau dalam istilah medis di sebut disfagia. Ini diartikan sebagai keadaan di mana membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha dalam menggerakkan makanan atau minuman dari mulut ke lambung (perut).  Hal ini disebabkan karena makan yang terlalu cepat atau tidak mengunyah makanan dengan baik.

  1. Heartburn

Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Kondisi ini menjadi lebih buruk ketika Anda berbaring atau menunduk. Adapun makanan yang dapat menimbulkan heartburn adalah pedas, makanan yang mengandung citrus atau tomat, gorengan, coklat dan kafein.

  1. Laringitis

Pengertian Laringitis adalah berupa peradangan yang terjadi pada laring (kotak pita suara di dalam tenggorokan). Gejala  atau ciri yang umumnya pada laringitis yaitu rasa nyeri tenggorokan, batuk, demam, suara yang dikeluarkan serak, atau bahkan bisa kehilangan suara sama sekali.

Infeksi virus adalah penyebab paling umum terjadi dari laringitis akut. Sedangkan asam refluks merupakan penyebab paling sering dari laringitis kronis. Laringitis kronis ini apabila sudah berat dapat menyebabkan pneumonia atau infeksi paru-paru.

Laringitis akut sering terjadi setelah infeksi saluran nafas atas akut. Sedangkan laringitis kronik lebih umum terjadi saat musim dingin. Sering terjadi juga setelah terserang flu biasa atau yang dikenal dengan influenza.

Penyebab Asam Lambung

Pada penderita penyakit asam lambung, LES mengalami kelemahan. Akibatnya asam lambung naik kembali ke esofagus. Saat ini terjadi maka penderita akan merasakan nyeri pada ulu hati atau munculnya sensasi rasa terbakar di sekitar dada.

Selain itu perut juga akan menjadi terasa tidak enak. Walaupun belum diketahui secara pasti mengapa LES menjadi melemah, namun ada beberapa faktor risiko yang diduga terkait dengan kondisi ini antara lain :

  1. Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Orang dengan berat badan tidak ideal atau gemuk memiliki kecenderungan tekanan yang lebih tinggi di dalam lambungnya.  Sedangkan pada orang yang dengan berat badannya ideal tekanannya lebih rendah. Tekanan yang tinggi ini diduga menyebabkan melemahkan otot LES.

  1. Banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak tidak dianjurkan karena memerlukan waktu pencernaan lebih lama. Maka konsekwensinya asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak. Tentu saja risikonya  untuk naik kembali ke esofagus tinggi.

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Kopi, soda, alkohol, cokelat dan merokok

Unsur-unsur ini membuat otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

  1. Kehamilan

Orang yang sedang dalam masa hamil akan mengalami perubahan hormonal. Kondisi seperti  inilah yang bisa melemahkan LES. Selain itu juga akan terjadi peningkatan tekanan pada perut.

  1. Hiatus Hernia

Hiatus Hernia ini adalah kondisi ketika sebagian dari lambung terdorong ke atas hingga mendesak dan melewati diafragma. Maka  LES jadi melemah pada penderita hernia hiatus. Adanya faktor stres juga sangat berperan dalam membuat LES menjadi lemah.

Ada sedikit peringatan saat menderita penyakit Asam Lambung, segeralah melakukan pengobatan. Malsudnya agar Asam Lambung mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat. Karena jikalau di biarkan, maka penyakit Asam Lambung ini akan semakin parah.  Jangan menunggu sampai parah, karena akan berakibat SULIT DI SEMBUHKAN bahkan bisa berujung pada KEMATIAN.

9 Ciri-Ciri Gejala Asam Lambung dan Penyebabnya | admin | 4.5