5 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Ramuan Tradisional

Cara Mengobati Asam Lambung paling mudah – Asam lambung bila intensitasnya terlalu tinggi akan berakibat buruk. Sehingga selanjutnya dapat memicu masalah-masalah kesehatan sepeti sakit maag, maag kronis, hingga masalah yang lebih serius yaitu tukak lambung. Apakah penyebab asam lambung? Hingga asam Lambung Naik? Kita wajib mengetahui Penyebabnya dan cara mengobati asam lambung.

Asam lambung masuk ke dalam golongan asam hidroklorat (HCl), fungsinya untuk membantu kerja lambung dalam menghancurkan makanan. Selanjutnya secara alami diproses menjadi lebih lunak dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga memudahkan selama diproses oleh tubuh hingga menjadi energi. Nah, proses inilah yang disebut sebagai proses metabolisme.

Mengenal Penyakit Asam Lambung

Secara medis asam lambung dikenal sebagai penyakit GERD  (Gastroesophageal Reflux Disease) Ciri-cirinya antara lain munculnya rasa panas atau lebih seperti rasa terbakar di bagian dada. Ini sebagai  akibat dari asam lambung yang naik hingga menuju esophagus. Secara umum penyebabnya karena pada bagian LES (Lower esophageal sphinchter) tidak berfungsi dengan baik.

LES dalam tubuh manusia terdapat di sekitar otot lingkar bawah esophagus. Fungsinya secara alamiah digambarkan seperti pintu otomatis, di mana ketika makanan atau minuman turun ke bagian lambung, secara otomatis LES akan terbuka. Selanjutnya, LES akan kembali menutup kembali supaya asam lambung tidak naik lagi ke bagian esophagus. Terjadinya fungsi LES yang tidak normal inilah yang menjadikan terjadinya penyakit asam lambung.

Sedangkan GERD juga punya andil sebagai penyebab juga. Seperti tersebut di bawah ini :

  • stress
  • faktor keturunan
  • akibat sedang menjalani pengobatan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • kegemukan/obesitas
  • hiatus hernia
  • dalam masa kehamilan
  • terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi
  • serta gastroparesis.

Nah, sekarang apa saja penyebabnya sudah diketahui bukan, maka selanjutnya perlu mengetahui juga apa saja gejalanya.

Saat seseorang tengah berada pada kondisi asam lambung sedang naik, maka pada bagian mulut dan dinding kerongkongan yang teriritasi akan terasa tidak nyaman. Bahkan ada pada beberapa penderita yang  merasa seolah-olah merasakan ada sesuatu yang menganjal kerongkongan. Itu dirasakan apabila sedang menelan makanan. Selain itu juga juga dijumpai ketika larangitis atau kondisi di mana terjadi radang di bagian laring atau pita suara, hal ini berakibat pada suara yang  menjadi parau.  Pada tenggorokan juga terasa sakit bahkan ketika untuk berbicara walau dengan suara yang rendah. Namun yang paling sering terjadi dan dirasakan oleh penderita penyakit asam lambung ini adalah dua hal berikut :

  1. Ulu Hati terasa Nyeri dan Muncul Seperti Sensasi Terbakar Pada Bagian Dada

Indikasi rasa sakit seperti ini sangat sering dikeluhkan oleh penderita asam lambung. Beberapa ada yang mengeluhkan kondisi nyeri yang muncul dan akan menjadi lebih kuat seketika setelah makan. Selain itu  juga pada saat penderita melakukan gerakan badan  membungkuk.

  1. Regurgitasi

Munculnya rasa asam dan pahit yang sering  dikeluhkan. Hal ini terjadi sebagai akibat dari asam lambung yang seharusnya ada di dalam perut namun  kembali ke kerongkongan.

Saat gejala-gejala ini muncul, maka bagi penderita yang masih dengan stadium ringan, masih dapat diatasi tanpa harus pergi ke dokter. Untuk mengurangi drita ini disarankan agar menjalankan terapi perawatan dengan cara mengubah pola makan. Dan bagi para perokok agar bisa menghentikan kebiasaan merokoknya. Beberapa obat yang jini tersedia dan dijual bebas di pasaran bisa menjadi pilihan sebagai alternatif pengobatan.

Tetapi perlu dicatat, apabila gejala yang dirasakan semakin sering dan adanya keluhan seperti, rasa sakit di bagian dada, sesak napas, hingga terjadi batuk kering pada malam hari dengan intensitas tinggi, maka pergi menemui dokter adalah cara yang paling tepat.

Pengobatan untuk Asam Lambung 

Umumnya penyebab utama asam lambung ditengarai karena gaya hidup. Merubah gaya hidup dapat mengurangi stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Berikut ini adalah hal sederhana namun sangat  efektif untuk mengatasi derita asam lambung, yaitu:

  • Mengatur pola makan dengan porsi cukup dan seimbang secara teratur
  • Pola tidur yang baik 8 jam sehari di waktu malam
  • Mengurangi makanan pedas
  • Menghentikan minuman beralkohol
  • Berhenti merokok
  • Kurangi minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi
  • Menjauhi penyebab stress

Namun apabila sudah terlanjur terkena asam lambung dengan memasuki intentsitas yang parah. Maka  penderita sangat disarankan untuk segera menemui dokter. Dokter yang akan memberikan obat  untuk menurunkan asam lambung yang tinggi. Obat-obatan yang biasanya diberikan oleh dokter pada penderita asam lambung adalah:

  1. Antagonis Reseptor H2

Obat ini untuk menghambat kerja histamin. Histamin ditengarai adalah satu senyawa di dalam tubuh untuk mengeluarkan asam lambung.

  1. Obat Penghambat Pompa Proton

Obat befungsi sebagai penghambat pompa proton dalam tubuh  yang tujuannya untuk menghambat tingginya ion tersebut.

  1. Antibiotik

Obat ini untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri jenis helicobacter pylori.

  1. Antasida

Untuk menangani penyakit asam lambung yang masih dalam stadium rendah. Biasanya berupa tablet kunyah sebagai penetral kadar asam di dalam lambung.

Disamping menggunakan obat-obatan medis dapat juga menggunakan pengobatan tradisional. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa semenjak dahulu kala sudah ada pengobatan yang memanfaatkan ramuan tradisional atau herbal yang sudah turun temurun hingga sekarang. Beberapa bahan telah dipercaya memberi efek terapeutik bagi kesembuhan penderita. Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang direkomendasikan dapat meredakan derita asam lambung.

Pengobatan untuk Asam Lambung dengan Obat alami Tradisional

  1. Buah Pisang

Buah pisang khususnya jenis pisang raja selama dipercara dapat mengurangi derita asam lambung. Selain karena teksturnya lembut, cenderung manis menjadikan buah ini nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi ternyata dibalik  itu  terdapat khasiat untuk mengatasi asam lambung. Karena pisang juga mengandung anti luka pada lambung.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga bisa menjadi alternatif untuk atasi penyakit asam lambung. Selain kasiatnya bisa menebalkan lapisan lambung cara mengolahnya juga gampang. Cukup buat menjadi bubur kacang hijau, waktu yang paling pas adalah pagi dan sore hari untuk mengonsuminya.

  1. Mentimun

Jenis sayuran ini sebagai obat herbal untuk asam lambung. Bisa mengkonsumsi mentimun tiap 2 jam sekali, niscaya kelebihan asam lambung dapat teratasi.

  1. Kunyit

Ramuan kunyit berupa perasan rimpang kunyit sebanyak 2 kali pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur dipercaya dapat menyembuhkan asam lambung.

Inilah bahasan tentang asam lambung. Telah diuraikan tentang pengertian asam lambung, gejala asam lambung dan beberapa cara mengatasi baik secara medis maupun tradisional. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kita semua agar hidup menjadi lebih sehat.  Salam sehat selalu!

5 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Ramuan Tradisional | admin | 4.5