6 Makanan Mengatasai Asam lambung Tinggi Terbukti Manjur

Apakah saat ini anda sedang merasakan mual dan kembung? Mungkin disertai dengan sering sendawa dan buang gas atau sering kentut? Atau mungkin saja saat ini anda sedang mengalami sakit maag atau bisa jadi saat ini anda sedang mengalami gangguan pada area lambung anda.

Gejala-gejala yang biasanya muncul tersebut merupakan beberapa kondisi sebagai akibat dari kadar asam lambung tinggi atau sedang naik. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba sedikit mengulas tentang beberapa hal tersebut. Apa itu penyakit asam lambung, seperti apa gejala asam lambung naik (GERD) dan yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasai asam lambung tinggi itu sendiri.

Pengertian tentang Asam lambung

Sebelum lebih jauh membahas seluk beluk asam lambung hingga cara mengatasinya maka alangkah baiknya apabila dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu apa itu asam lambung. Bahwa asam lambung adalah cairan yang terdapat dalam saluran pencernaan. Cairan itu  yang di produksi pada lambung, dengankadar keasaman asam lambung adalah antara 1,5 hingga 3,5 pH. Sedangkan zat-zat yang terkandung di dalamnya terdiri dari :

  • zat kalium klorida (KCl)
  • natrium klorida (NaCl)
  • asam hidroklorida (HCl).

Zat-zat tersebut berfungsi untuk mencerna zat protein dengan mengaktifasi protein enzim pencernaan.

Asam lambung sangat dibutuhkan tubuh untuk berlangsungnya proses mengolah makanan di dalam saluran pencernaan kita. Apabila tidak terdapat asam lambung, maka makanan yang masuk ke tubuh kita bakal tidak tercerna dengan baik. Sehingga zat gizi yang diperlukan oleh tubuh tidak bisa terserap dengan baik pula. Maka dari itu  kadar asam lambung yang seimbang sangat dibutuhkan di dalam tubuh kita.

Informasi tentang penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung adalah suatu kondisi penyakit yang muncul karena terjadinya gangguan pada area lambung. Gangguan tersebut muncul diakibatkan oleh  produksi asam lambung yang meningkat. Selankutnya apabila produksi asam lambung tinggi maka cairan pada lambung akan mengalir naik ke kerongkongan.  Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah Asam lambung Naik, atau di dalam istilah medisnya dinamakan dengan gastro esophageal reflux disease (GERD).

Asam lambung Naik dan penyakit Maag memiliki penyebab yang relatif sama yaitu akibat naiknya kadar produksi asam lambung pada tubuh kita. Akan tetapi terdapat gejala yang sedikit berbeda pada penyakit GERD ini, seperti munculnya rasa nyeri pada dada seperti terbakar.

Penyebab asam lambung tinggi

Hal-hal yang menjadi kebiasaaan sehari-hari apabila tidak terkontrol akan menyebabkan terjadinya produksi asam lambung tinggi. Yang paling sering terjadi diantaranya adalah pola makan yang kurang baik  seperti terlambat makan, makan terlalu berlebihan, makan dengan posisi salah seperti tidur, mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung tingkat keasaman tinggi, gaya hidup yang kurang bagus seperti merokok, mengkonsumsi minuman yang bersoda, terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein,dan doyan monum minuman beralkohol.

Adapun gejala-gejala yang sering muncul pada derita asam lambung tinggi diantaranya :

  • Lambung terasa sangat perih, nyeri dengan hebat
  • Mual-mual dan kembung
  • Muntah kering
  • Terkadang tenggorokan dan mulut muncul rasa panas dan perih
  • Rasa nyeri seperti terbakar pada Dada
  • Tenggorokan sakit dan akan terasa susah untuk menelan
  • Sering bersendawa dan buang gas ( kentut )
  • Radang tenggorokan dan batuk kronis
  • Rasa nyeri di ulu hati

Cara pencegahan penyakit asam lambung

Upaya-upaya pencegahan yang bisa dilakukan apabila anda adalah sebagai penderita asam lambung naik kambuhan, maka alangkah baiknya bila anda menghindari jenis makanan dan minuman tertentu. Diimbangi dengan kebiasaan yang lebih baik dengan  sering mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang bagus. Dan satu lagi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang berpotensi memicu naiknya produksi asam lambung tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang bisa menkadi tips jitu sangat dianjurkan bagi anda untuk mencegah agar supaya asam lambung tinggi tidak sering kambuh :

  • Kurangilah mengkonsumsi makanan yang  berlemak,  contohnya hamburger.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas
  • Kurangi mengkonsumsi  sayuran seperti kembang kol, daun kol, brokoli, lada merah dan hitam, bubuk cabe, makanan yang mengandung banyak bawang putih dan bawang merah.
  • Kurangi mengkonsumsi buah jeruk dan buah-buahan dengan rasa terlalu asam.
  • Berhentilah merokok jika anda sebagai penderita asam lambung kambuhan
  • Kurangi minum kopi dan minuman yang bersoda
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang beralkohol
  • Hindari tidur setelah makan, sebaiknya minimal 2 hingga 3 jam setelah makan

Cara-cara mengatasi asam lambung naik ada beberapa cara. Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan langkah-langkah untuk mengatasi produksi asam lambung di tubuh kita sehingga  tidak menjadi berlebihan atau tinggi. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

Makan makanan dengan cara mengunyahnya lebih lama. Mengunyah bukan hanya untuk sekedar membuat makanan yang masuk ke dalam lambung kita mudah dicerna. Akan tapi juga memberi kandungan air pada makanan tersebut menjadi lebih banyak. Karena pada air liur kita terkandung bermacam-macam jenis enzyme yang dibutujkan tubuh dan sangat  berguna seperti lisozim, amylase, lipase, mukosa, bakterisida dan elektrolit.

Sebagaimana yang dilansir dalam dalam sebuah sumber yang menjelaskan mengenai beberapa jenis makanan yang sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah produksi asam lambung tinggi. Makana-makanan yang dimaksud adalah :

  • Susu, susu mudah diperoleh dan mengandung tinggi kalsium. Kandungan susu dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Susu  sangat dianjurkan bagi yang terkena asam lambung tinggi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi susu segelas tiap hari
  • Oatmeal, adalah makanan sehat yang sangat bagus untuk mengatasi asam lambung, sarapan oatmeal mampu mengurangi produksi asam lambung tinggi.
  • Jahe, sebagai tanaman obat yang memiliki sifat anti inflamasi. Tanaman umbi  ini sangat bagus untuk penderita gangguan saluran pencernaan. Jadi bila anda mengalami rasa tidak enak pada area perut tepat  untuk langsung mengkonsumsi jahe.
  • Cuka sari apel, mengandung tinggi enzim dan asam sehat yang mampu menetralkan asam lambung. Jenis cuka yang satu ini merupakan obat asam lambung yang cukup efektif pada saat terkena asam lambung.
  • Teh chamomile, adalah salah satu jenis obat herbal asam lambung yang sangat bagus, dianjurkan meminum secangkir teh tersebut saat hangat.
  • Lidah buaya, dengan cara dijus lidah buaya bermanfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Manjur  karena di dalam lidah buaya banyak terkandung berbagai macam zat seperti : 20 mineral, 19 asam amino, 12 vitamin, selain itu juga mengandung zat lain seperti aloin, tanin, resin aloin-emodin, dan polisakarida. Lidah buaya sangat tepat untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan, selain itu merupakan zat antimikroba yang hebat.

Inilah sekilas tentang bagaimana cara mencegah terjadinya asam lambung tinggi pada tubuh. Harapannya semoga sedikit informasi tentang  Asam lambung penyebab dan cara mengatasinya yang dirangkum dari berbagai sumber ini bisa membantu anda dalam mengobati dan mencegah anda tidak terserang penyakit asam lambung yang sangat mengganggu ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

6 Makanan Mengatasai Asam lambung Tinggi Terbukti Manjur | admin | 4.5